E MARKETPLACE


E-Marketplace adalah sebuah pasar online (biasanya B2B) dimana pembeli dan penjual bertukar barang atau jasa.
E-Marketplace :
- Front End
Bagian dari proses bisnis e-seller melalui interaksi antar pelanggan.
- Back End
Kegiatan yang mendukung pemenuhan pesanan online, manajemen persediaan, pembelian, pembayaran, pengemasan dan pengiriman pemasok.
Jenis-jenis E-Marketplace :
- Private E-Marketplace : Pasar online yang dimiliki atau dikelola oleh satu perusahaan (Perusahaan tersebut mempunyai kendali atas setiap transaksi di dalam pasar tersebut)
Sell-side E-Marketplace
Sebuah private e-marketplace dimana satu perusahaan menjual produk untuk perusahaan yang memenuhi syarat.
Buy-side E-Marketplace
Sebuah private e-marketplace dimana satu perusahaan membuat pembelian dari pemasok yang diundang
- Public E-Marketplace : Pasar online yang dimiliki atau dikelola oleh pihak ketiga yang independen.
Vertical E-Marketplace : Hanya industri tertentu yang sepenuhnya berorientasi pada kebutuhan yang berbeda dari kelompok tertentu. Pembeli dan penjual dalam industri tersebut dihubungkan untuk meningkatkan efisiensi biaya operasi, pasokan, persediaan dan waktu siklus.
Horizontal E-Marketplace: Disesuaikan dengan fungsi atau proses yang penting dalam banyak industri. Mereka berjalan di beberapa industri atau banyak dan fokus pada pengetahuan yang tepat dari proses yang tepat untuk mencapai hasil yang optimal.
.